Minggu, 06 Januari 2013



Pembuatan Jally Cool (Jamu Jelly Cool)
oleh : Annisa Wulan Andadari







Sebagian besar masyarakat Indonesia tidak menyukai jamu lebih dikarenakan rasa serta aromanya yang tidak menyenangkan. Apalagi tidak semua masyarakat mengetahui besarnya manfaat yang terkandung pada jamu sebagai minuman tradisional. Padahal tidak semua jamu memiliki rasa pahit, sebagai contoh beras kencur.
Jamu beras kencur lebih sering digunakan sebagai penawar rasa pahit. Untuk Beras Kencur sendiri memiliki manfaat sebagai minuman diet alami untuk melangsingkan tubuh, dapat menambah tenaga dan stamina karena memiliki sifat stimulant, penghilang rasa lelah, penambah nafsu makan bagi anak-anak, sebagai obat lambung, sariawan, radang tenggorokan dan keracunan makanan serta mengurangi rasa nyeri karena mengandung senyawa Zinc.

Jally Cool atau Jamu Jelly Cool merupakan jelly berbentuk mie, yang dibuat dari bahan dasar jamu beras kencur yang kemudian diberi sirup gula jawa sebagai kuah dan dibubuhi es serut sebagai pendingin.

 Produk ini saya jual dengan harga Rp 5.000,00 per kemasan. Jally Cool merupakan produk minuman siap saji yang sehat bagi kesehatan serta pencernaan, karena Jally Cool ini sendiri terbuat dari beras kencur yang menyehatkan tubuh, dan kandungan jelly di dalamnya dapat membantu melancarkan pencernaan. Bahkan sirup yang digunakan adalah murni dari gula asli tanpa adanya campuran bahan-bahan pengawet lainnya. 


komposisi :
jelly powder
jamu beras kencur
gula jawa
air mineral
es batu

Cara Kerja Pembuatan Jally Cool :

1. jelly powder dimasak dengan jamu beras kencur sampai mendidih, biarkan mendidih selama 5 menit.
2. cetak jamu jelly tersebut ke dalam cetakan berbentuk mie, sisihkan.
3. buat sirup gula jawa, sesuaikan rasa manisnya dengan selera anda.
4. sajikan jamu jelly dengan menggunakan sirup gula jawa, tambahkan es batu jika ingin dalam keadaan dingin.
5. Jally Cool siap disantap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar